2.8.06

carpediem

cuma pada Kebenaran kita berharap
Kebenaran cuma ada di langit
dan dunia adalah palsu
-soe hoek gie-


kebenaran dan kejujuran selalu berdekatan.. tetap berkaitan dengan relativitas. berkata yang benar, belum tentu merupakan suatu kejujuran. berkata jujur, juga belum tentu merupakan sesuatu yang benar. benar menjadi suatu kewajiban dan keharusan. dan sebuah absolutisme. benar adalah sesuatu yang konseptual, yang tertera hitam di atas putih. dan diakui keabsahannya klo udah naik cetak berkali-kali. jujur kadang menjadi sesuatu yang tabu bagi segelintir orang. saat orang berkata jujur, acapkali orang disalahkan ato digoblok-gobloki. jujur adalah gombal. (bukan kata saya lho ;b)

siapa sebenarnya pemilik kebenaran?
siapa yang berhak memutuskan sesuatu itu benar ato salah?
overall, berapa harga kejujuran atas suatu kebenaran?

belakangan, kejujuran dihargai dua ratus ribu rupiah oleh salah satu acara reality show sebut saja J.U.J.U.R.A.P.A.E.N.G.G.A.K yang ditayangkan di salah satu stasiun tv swasta, T.P.I selayaknya reality show pada umumnya, acara ini menyediakan hiding camera dimana-mana, 'menjebak' orangorang untuk melihat sampe dimana mereka berkata jujur. ato bahkan dalam berita-berita lalu tentang RUU APP dimana terdapat pro dan kontra yang sangat alot, dimana jelas dia berani dan jujur mengatakan menolak, sebut saja I.N.U.L.D.A.R.A.T.I.S.T.A dikenai ancaman bakal di 'deportasi' ke daerah asal, yang sangat disayangkan masih berada di wilayah kekuasaan indonesia.

daripada rusuh ngatain ini salah, itu benar, anu benar, itu salah.. gimana klo kita sedikit berterimakasih pada paman albert einstein atas terobosannya dalam bidang ilmu pengetahuan.. yang lebih ngetop dengan nama Teori Relativitas Einstein

E = mc kuadrat


yang klo mo dikalimatkan

'tidak ada sesuatu yang pasti. tidak ada yang bersifat mutlak. sesuatu itu selalu berubah, terus berubah, materi berubah karena gerak'

penjelasannya..
E = mc kuadrat a la einstein ini, bercerita tentang bagaimana membuat suatu energi baru.
E untuk energi yang baru, m untuk massa dalam gram, c-nya untuk kecepatan cahaya.

kecepatan cahaya, dalam batas pengetahuan matematis manusia sekitaran 344.997.000 meter per detik. semakin cepat gerak benda, semakin besar massanya, maka akan menciptakan sebuah energi yang besar pula. materi, selalu bergerak, nggak pernah diam, makanya materi adalah sesuatu yang relatif..

kecantikan dan ketampanan, berubah, bisa hilang dimakan waktu. kecantikan dan ketampanan adalah sesuatu yang relatif. kejujuran dan kebenaran, berubah. yang benar saat ini, belum tentu benar di saat yang akan datang. begitu juga sebaliknya. keduanya merupakan materi yang selalu bergerak. tergantung pada pilihan manusia. mau memilih apa. kebebasan pilihan sudah diberikan. yang semuanya tetap bermuara pada yang Memberi Pilihan.

esensi dari relativitas, waktu itu sendiri. demi waktu. waktu selalu berjalan. sangat cepat sekali. karena waktu adalah sesuatu yang berjalan sangat cepat, maka waktu adalah suatu ketidakpastian yang sangat besar. kalo waktu nggak ada. nggak ada yang relatif. semuanya jadi pasti. kita pasti mati tanggal segini. rezeki kita segini. jodoh kita si ini. kita jadi nggak punya pilihan. nggak punya kebebasan memilih. nggak punya kebebasan menyampaikan yang kita pikirkan. dan.. kita, manusia, nggak akan pernah punya yang namanya iman, cita-cita, keinginan, keyakinan dan mimpi. karena semuanya udah pasti. jadinya, kita adalah seonggok daging, yang punya nama, bisa jalan-jalan dan berbicara. bukan sebuah kehidupan.*)

tapi tetap ada sesuatu yang pasti, yang memiliki kebenaran mutlak dan kejujuran nya sendiri. yang bahkan einstein pun bertekuk lutut padaNya..


i am enough of an artist to draw freely upon my imagination.
imagination is more important than knowledge.
knowledge is limited.
imagination encircles the world
-albert einstein-




cat : *) 5cm by Donny Dhirgantoro

0 komentar:

 

loveblue © 2008. Chaotic Soul :: Converted by Randomness