15.2.07

86400

setiap pagi sebuah bank memasukkan uang sejumlah $86.400 ke dalam rekening, sebagai hasil kemenangan atas suatu perlombaan.

aturannya :

1. uang yang tidak berhasil dibelanjakan hari itu, akan hangus pada malam harinya. tidak bisa curang. tidak bisa mentransfer uang itu ke rekening lain. hanya bisa membelanjakannya. tapi setiap pagi ketika bangun, bank membuka rekening baru lagi yang bernilai $86.400.

2. bank dapat menghentikan permainan tanpa pemberitahuan. kapanpun, bank adapat memutuskan bahwa permainan sudah selesai. rekening ditutup. dan tidak ada lagi yang lain.

pertanyaan :

apa yang akan kita lakukan dengan rekening $86.400 setiap harinya?

kita semua memiliki rekening bank ajaib itu. yaitu waktu. rekening yang berlimpah dengan detik-detik yang mengalir satu per satu. setiap pagi ketika kita bangun, kita diberi 86.400 detik kehidupan dalam sehari. dan ketika kita tidur pada malam hari, tak ada yang dapat dipindahkan ke esok harinya. yang tidak dinikmati hari itu akan hilang. kemarin pun sudah berlalu. setiap pagi keajaiban itu berulang. kita kembali diberi 86.400 detik. kehidupan dan kita bermain dengan aturan main yang tak dapat dihindari. yaitu bank dapat menutup rekening kapan saja. tanpa pemberitahuan sebelumnya. setiap saat, kehidupan dapat berhenti. jadi, apa yang kita lakukan dengan 86.400 detik setiap hari? tidakkah detik-detik kehidupan itu lebih penting daripada uang?


klo ingin tahu apa arti satu tahun kehidupan, bertanyalah pada seorang mahasiswa yang baru saja gagal ujian akhir. satu bulan kehidupan, bertanyalah pada seorang ibu yang baru saja melahirkan bayi prematur dan sedang menanti bayinya keluar dari inkubator untuk dapat memeluknya, sehat dan selamat. satu minggu kehidupan, bertanyalah pada seorang pria yang bekerja di pabrik atau di pertambangan untuk menghidupi keluarganya. satu hari kehidupan, bertanyalah pada sepasang kekasih yang tak sabar ingin segera bertemu. satu jam kehidupan, bertanyalah pada seorang penderita klaustrofobia yang terjebak di dalam lift macet. satu detik kehidupan, lihatlah raut muka seseorang yang nyaris mengalami kecelakaan mobil. seperseribu detik kehidupan, bertanyalah pada atlet yang baru saja memenangkan medali perak Olimpiade, bukan medali emas yang didambakan sepanjang hidupnya yang dihabiskan dengan berlatih.



salah satu bagian yang sangat saya sukai dari buku ini *wink*wink* ^_^

0 komentar:

 

loveblue © 2008. Chaotic Soul :: Converted by Randomness